16 Januari, 2013

perangkat

Perangkat Keras
Hardware / Perangkat Keras :
Ada 4 unsur, yaitu :
1.              Perangkat yang tergolong Input Device (berfungsi memasukkan)
2.              Perangkat yang tergolong Process Device (berfungsi memproses setelah ada yang masuk)
3.              Perangkat yang tergolong Output Device (berfungsi mengeluarkan hasil)
4.    Perangkat yang tergolong Media Penyimpanan (berfungsi untuk menyimpan data yang dimasukkan)
Catatan :
Untuk memahami ke-4 unsur tersebut silahkan dibaca file Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran TIK atau kunjungi situs : www.kemendiknas.com

Software / Perangkat Lunak
Ada 2 unsur, yaitu :
1.           Software system / operating system / program sistem
Software ini merupakan program awal dari sebuah komputer dan berfungsi sebagai pintu masuk dari program aplikasi. Program aplikasi tidak bisa dijalankan jika sebuah komputer tidak memiliki program sistem. Ada berbagai macam program sistem, namun yang terkenal di Indonesia dan sering dipakai oleh banyak kalangan antara lain : Microsoft Windows, Linux dan Macintos (Mac OS).
2.           Software application / program aplikasi
Ada banyak ragam yang terdapat pada program aplikasi. Ada beberapa peneliti software yang membagi dengan banyak istilah. Di sini untuk memudahkan mempelajarinya, penulis membagi program aplikasi menyesuaikan materi yang dipelajari di tingkatan sekolah yaitu antara lain :
a.           Program Aplikasi Pengolah Kata
Program yang berhubungan dengan pengolahan kata/kalimat dan sebagainya. Contohnya antara lain : Microsoft Word, OpenOffice Writer, WordPad, Notepad dll.
b.           Program Aplikasi Pengolah Angka / Spreadsheet / Lembar Sebar
Program yang berhubungan dengan pengolahan angka/bilangan dan sebagainya. Contohnya antara lain : Microsoft Excel, OpenOffice Calc, Lotus 123, MYOB, SPSS, dll. 
c.           Program Aplikasi Pengolah Presentasi
Program yang berhubungan dengan presentasi atau pemaparan hasil kerja. Contohnya antara lain : Microsoft Power Point, OpenOffice Impress, Flash, Apple Keynote, dll.
d.           Program Aplikasi Pengolah Grafis
Program yang berhubungan dengan design grafis, misalnya menggambar maupun mengolah foto. Contohnya antara lain : Paint, Adobe Photoshop, Corel Draw, Photo Editor, Gimp, dll.
e.           Program Aplikasi Multimedia
Program yang berhubungan dengan mendengarkan musik, membuat file animasi, menonton video dan lain sebagainya. Contohnya antara lain : Winamp, Windows Media Player, Power DVD, Gom Player, FLV Player, dll.

0 komentar:

About

GERRY PUTRA MARZALINO
Ry-viea . Diberdayakan oleh Blogger.